Minggu, 02 Oktober 2011

Guitar History (Sejarah Gitar)

Alat musik yang satu ini memang cukup digemari terutama oleh kalangan remaja, Pertama kali ditemukanya gitar secara tidak sengaja dari puing-puing di daerah babilonia, mungkin dibuat tahun 1900-1800 SM. Para ilmuwan berpendapat bahwa alat musik itu berasal dari Spanyol, di Spanyol, ada alat musik bernama Vihuela yang sangat mirip dengan gitar. 
Pertama kali dibuat, gitar berukuran kecil, sebesar "Ukulele". Pertama kali gitar dibuat dengan 4 senar, lalu beberapa ahli mengembangkanya menjadi 5 senar pada tahun 1490, dan pada tahun 1750, dibuatlah gitar 6 senar seperti yang kita lihat sekarang. Ada 2 jenis gitar, yang pertama "Gitar Akustik", dan :Gitar Elektrik".


1.Gitar Akustik
Gitar Akustik adalah jenis gitar yang terbuat dari bahan kayu yang berbentuk tabung, karena dilubangi berbentuk tabung, maka dapat menghasilkan suara dari tabung tersebut. Suara gitar ini sesuai dengan kualitas kayu yang digunakan untuk membuatnya, semakin bagus kayu yang dipakai, semakin bagus suaranya. 


2.Gitar Elektrik 
Gitar Listrik/Elektrik pertama kali dibuat tahun 1932, diambil dari model-model gitar Spanyol tradisional. Setelah itu perkembanganya terus berlanjut, didukung oleh karena adanya konser-konser yang ramai penonton, sehingga tanpa bantuan Speaker/Amplifier, suaranya tidak terdengar dengan baik. Ada 3 produsen gitar listrik yang terkenal, yaitu Fender, Ibanez, dan Gibson.
-Fender : Mengembangkan sistem Floyd Rose Tremolo/Bridge, dan terpasang pada model Stratocaster.
-Ibanez : Mempopulerkan sebuah gitar dengan 7 senar, yang dinamai "The Universe 7", dan juga mengembangkan gitar dengan neck ke kanan untuk orang kidal.
-Gibson : Mengembangkan sistem Locking nut Tremolo system, untuk menghindari masalah dalam men-tuning gitar, agar senar tidak kendor.


Gitar listrik mempunyai fungsi yang sama dengan gitar Akustik, hanya saja memiliki kualitas suara yang berbeda.

Sekian Informasi yang saya sampaikan, kapan-kapan saya Sharing lagi...

Thanks for reading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar